Daftar Blog Saya

Minggu, 03 April 2011

Kirab HUT ke-429 Banyumas

Kirab Prosesi Hari Jadi ke-429 Kabupaten Banyumas berlangsung dalam guyuran hujan lebat, Minggu (3/4) siang. Namun acara akhirnya tetap berjalan lancar hingga sore hari. Meski sebagian besar peserta harus berbasah-basahan,mereka tetap serius menjalani kirab budaya sampai selesai.
Kirab diawali dari Jl S Parman di depan Gedung Bioskop Rajawali sekitar pukul 13.00. Kelompok kesenian peserta kirab berjalan beriringan ke arah utara menuju perempatan Sri Maya dan berbelok ke arah barat melintasi Jl Jenderal Soedirman dan berhenti di dekat pendopo eks-Kotip. Penutupan jalanpun terjadi dan polisi melakukan pengalihan jalan.
Kembali ke kirab,sesampainya di pendopo Bupati Mardjoko melepas tiga buah pusaka kabupaten yaitu Keris Kyai Nala Praja, Keris Kyai Gajah Endra dan Kitab Stambul. Sebelum arak-arakan dilepas, Pasukan Manggalayudha terlebih dahulu melakukan atraksi mengitari halaman pendapa dengan bendera di tangannya. Pukul 14.00, arak-arakan pun melanjutkan perjalanan.
Bupati, Wakil Bupati, beberapa pejabat eselon dan anggota DPRD tidak berjalan kaki seperti peserta kirab lainnya. Mereka duduk manis di atas 22 dokar, yang mengangkut mereka. Meskipun hujan deras, peserta kirab tetap berjalan perlahan.
Penonton rela menggunakan payung, jas hujan atau ada yang nekat ikut hujan-hujanan.Begitu sampai di depan alun-alun, Bupati beserta rombongan langsung menuju tribun untuk menyaksikan penampilan grup kesenian dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas. Masing-masing unjuk kebolehan selama tiga menit di hadapan Bupati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar